Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

Mantapkan Diri Sebagai Sekolah Inovasi

MALANG – SMP Muhammadiyah 2 melakukan gerakan inovatif dengan menerapkan Prima atau Program Inovasi Muhammadiyah 2. Kepala SMP Muhammadiyah 2 Malang, Drs. H Mardjono, MSi mengungkapkan, salah satu perubahan yang sudah dilakukan sekolahnya adalah
memanfaatkan LCD sebagai media pembelajaran di tiap kelas.
“Penggunaan papan tulis di sekolah ini sudah minim, digantikan dengan LCD yang kelayakannya dicek setiap enam bulan sekali,” ungkapnya.
Mardjono mengatakan, inovasi lain yang sudah dilakukan yakni menerapkan full day school yang sudah berjalam selama dua tahun dengan pembekalan pendidikan agama. Selain itu, dengan diterapkannya sistem full day yang berwawasan agama, mampu mencetak siswa yang tidak hanya handal dalam ilmu pengetahuan, namun juga memiliki karakter yang bagus.
Menurut mantan Kepala Dinas Pertamanan Kota Malang ini, metode pembinaan full day mampu mencetak lulusan yang memiliki karakter bagus. “Perubahan sudah bisa dilihat di siswa kelas IX. Mereka menjadi lebih santun, semakin konsentrasi menghadapi UN dan saya bersyukur sebab tahun ini, kami berhasil meluluskan 100 persen siswa,” tambah Mardjono bangga.
Tidak hanya itu, terobosan baru yang dilakukan yakni dengan perbaikan fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar. Saat ini pihaknya sedang memperbaiki beberapa gedung dan ruang serba guna yang bisa dimanfaatkan sebagai aula.
Ditambahkannya, gedung baru itu nantinya akan digunakan saat pelepasan siswa kelas IX hari ini. “Kami akan menggelar pengajian untuk pelepasan siswa. Acara ini terbuka untuk semua keluarga besar Yayasan Muhammadiyah,” katanya.
Lebih jauh ia mengungkapkan, tahun ini sekolahnya memiliki kegiatan ekstrakurikuler baru yakni drum band. Ekskul baru ini melengkapi kegiatan lain yang sudah ada seperti bulu tangkis, seni bela diri Tapak Suci, Hisbul Wathan atau kegiatan kepramukaan, kemampuan membaca Al-Quran, futsal dan paduan suara. Tidak hanya itu, sekolah ini juga menyediakan program pendidikan Inklusi khusus bagi anak bekebutuhan khusus (ABK) yang ditangani langsung oleh Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Mardjono mengatakan, SMP Muhammadiyah 2 masih membuka pendaftaran bagi para calon peserta didik baru. Saat ini pendaftaran sudah memasuki pendaftaran gelombang 3 yang dibuka mulai 4 Juni lalu dan akan berakhir pada 12 Juli mendatang.
Bagi yang bakal calon siswa yang akan mendaftar, membawa berkas-berkas berupa dua lembar foto copy rapor kelas V (semester ganjil dan genap) dan VI (semester ganjil) serta menyerahkan pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar serta satu lembar foto copy akte kelahiran. “Berkas bisa langsung dikirimkan ke Jl. Letjen Sutoyo 68 Malang,” pungkasnya.(ayu/sir/eno)

Sumber: http://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/malang-post/mantapkan-diri-sebagai-sekolah-inovasi.html

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!