Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

Sowan Sang Kyai Guru SMP Muda Dapat Ujian di Tengah Pandemi

TABLOIDMATAHATI.COM, BLIMBING-Momentum syawwal dalam nuansa lebaran Idul Fitri, sejumlah guru SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang, populer disingkat SMP Muda menyempatkan diri untuk “sowan” kepada seorang kyai yang disegani di SMP Muda. Dalam silaturahim tersebut, Sang Kyai memberikan wejangan tentang Idul Fitri di tengah pandemi. “Para guru harus menjadi contoh bagi siswanya. Ketika siswa diajarkan ilmu agama Islam tentang pentingnya silaturahmi, maka gurunya juga harus mengamalkan faedah silaturahmi tersebut,” ujar Waka Humas SMP Muda, Salilatul Badriyah, tadi pagi.

Siapa Kyai dimaksud? Bu Lila-nama panggilan Salilatul Badriyah-menyebutkan adalah Kasek SMP Muda Drs. KH. Mardjono, M.Si. sebagai kepala sekolah di SMP beliau sudah dianggap sebagai seorang sesepuh sekaligus kyai. Sebutan Kyai untuk Kasek Mardjono tidak berlebihan. Sebab kiprahnya dalam dunia dakwah di persyarikatan muhammadiyah Kota Malang sudah terbukti.

Sowan Sang Kyai Guru SMP Muda Dapat Ujian di Tengah Pandemi 3
Kasek SMP Muda Drs. KH. Mardjono, M.Si. sebagai kepala sekolah di SMP Muda beliau sudah dianggap sebagai seorang sesepuh sekaligus kyai. Sebutan Kyai untuk Kasek Mardjono tidak berlebihan. Sebab kiprahnya dalam dunia dakwah di persyarikatan muhammadiyah Kota Malang sudah terbukti

Apa saja bukti tersebut? Bu Lila menyebutkan diantaranya, pelopor bendirinya panti asuhan KH Mas Mansyur, serta pengorbanan beliau dalam mengembangkan SMP Muda sudah tidak terhitung lagi apakah dari materi maupun tenaga dan pikiran. Itu sebabnya, para guru tabik dan patuh pada perintahnya.

Menariknya, lanjut Bu Lila, ketika silaturahmi tersebut, ada nasehat tentang kesabaran di tengah pandemi oleh Kyai Mardjono. Bahwa pandemi adalah ujian dimaknai tiga hal. Pertana ujian sebagai musibah ujian Allah untuk hamba-hamba yang sholeh agar meningkatkan derajat dan ketakwaan hamba tersebut. Kedua, musibah yang diberikan kepada hamba-hambaNya yang lalai agar kembali kepada jalan yang lurus. Ketiga musibah sebagai adzab yang diturunkan kepada hamba-hambaNya yang ingkar  dan banyak berbuat maksiat dan kedzaliman di muka bumi ini.

Sowan Sang Kyai Guru SMP Muda Dapat Ujian di Tengah Pandemi 4
Ketika silaturahmi para guru dapat nasehat tentang kesabaran di tengah pandemi. Bahwa pandemi adalah ujian sebagai musibah untuk hamba-hamba yang sholeh agar meningkatkan derajat dan ketakwaan. Ujian musibah pada hambai lalai agar kembali kepada jalan yang lurus. dan ujian sebagai adzab yang diturunkan kepada hambaNya yang ingkar dan kedzaliman di muka bumi ini.

“Alhamdulillah, mendengarkan nasehat dari seorang kyai hati para guru menjadi tenteram. Bahkan para guru bersyukur mempunyai figur pemimpin sekaligus ulama seperti Kyai Mardjono. Itu sebabnya kami mengimbau kepada masyarakat jangan ragu untuk mendaftarkan anaknya sebagai siswa di SMP Muda,” ucapnya. (foto: SB/editor: doni osmon)

Informasi PPDB SMP Muhammadiyah 2 Kota Malang daftar ke Jl. Letjen Sutoyo, Kota Malang, atau klik .

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!