Minggu, 26 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

Pelantikan pegurus Ikatan pelajar Muhammadiyah Ranting SMP Muhammadiyah 2 Malang


Jum’at, 26 Maret 2021 menjadi moment penting bagi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah 2 Malang. Terjadi pergantian pengurus IPM yang sempat tertunda akibat virus covid-19.

Pengurus IPM 2021-2022 bersama bapak kepala sekolah, waka kesiswaan, ketua umum PD IPM Kota Malang beserta Komisioner KPU Kota Malang

Pengurus IPM sebelumnya, seharusnya berakhir pada tahun 2020 kemarin, namun karena masa pandemi yang mengharuskan serba dalam jaringan (daring), maka pergantian pengurus baru terrealisasi Februari 2021.
Pada pelantikan kali ini, Kesiswaan selaku pembina IPM di sekolah menghadirkan Mantan IPM Gempol Pasuruan Izzudin Fuad Fathony sebagai keynote speaker yang saat ini menjabat sebagai Komisioner KPU Kota Malang.
Bertempat di ruang rapat SMP Muhammadiyah 2 Malang, acara dikemas sederhana dan penuh khidmat. Ketua IPM Daerah Kota Malang Farhan Alif hadir langsung untuk melantik Ketua IPM SMP Muhammadiyah 2 periode 2021-2022.

Penyerahan jabatan baru dari Ketua IPM lama (Agatha) kepada Launasya Lintang A selaku Ketua IPM baru 2021-2022

Farhan memberikan motivasi kepada kepengurusan IPM yang baru dilantik dengan mengibaratkan berorganisasi seperti berternak. Orang kalau memiliki binatang ternak, binatang tersebut dikasih makan yang enak, diberi tempat yang nyaman. Semua fasilitas itu bukan untuk binatangnya, namun untuk pemiliknya.
“Berorganisasi di IPM, semua kebaikan, program kerja, meluangkan waktu, dan lain-lain semuanya bukan untuk pribadi, namun untuk kebaikan IPM sekolah secara khusus dan SMP Muhammadiyah 2 secara umum” ucap Farhan.
Lebih lanjut motivasi kepada pengurus baru disampaikan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 2 Malang Supriyanto, S.PdI, M.Pd, beliau memberikan ilustrasi berorganisasi seperti besi. Sebuah besi jika tidak berbentuk maka hanya laku dijual rongsokan. Namun jika besi itu dibakar, dipukul berulang kali oleh “pande besi”, maka besi tersebut akan berubah menjadi sabit atau pisau dan akan berharga mahal.

Pemberian hadiah kenang-kenagan buku dari bapak Izzudin Fuad Fathony kepada Launasya Lintang A

“Anak-anak semua selama diorganisasi akan ada gagasan ide, berdebat, bertengkar dalam sebuah program kerja, semua akan menjadi kedewasaan menghadapi kehidupan. Akan banyak pengalaman dan wawasan kehidupan yang didapatkan di dalam berorganisasi” ucap Supriyanto.
Sebagai Keynote Speaker dalam rangkaian pelantikan ini, Izzudin Fuad Fathony turut memberi semangat dan sharing pengalaman organisasi di IPM. Semangat yang disampaikannya terkemas dalam sebuah kalimat “berorganisasi yang senang dan bahagia”.
Ada beberapa saran yang diberikan Izzudin kepada pengurus IPM baru, Pertama, Membangun solidaritas dan kebersamaan antar anggota IPM. Kedua, Berorganisasi dengan bahagia dan gembira.
Ketiga, Menyatukan ikatan batin dengan kegiatan non formal. Setiap kumpul anggota jangan hanya membahas program kerja, namun kadang harus disisipi agenda-agenda makan-makan, ngopi. Pungkas Brewok sapaan Izzudin.

Semoga kelak IPM ini akan menjadi generasi yang amanah serta unggul dalam berbagai aspek capaian kehidupan kedepan. (Foto: Bunayah Paramastri,S.Pd, Editor: Nuruddin Musyafa’.M.Pd)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!