Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

SMP Inovasi Gandeng Fakultas Psikologi UMM adakan Psikoedukasi pada Guru

Rabu (2 Juni) siang, dua dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (FPP UMM), yakni Ahmad Sulaiman, M.Ed(CPEP) dan M. Fath Mashuri, MA melakukan pelatihan pengembangan komitmen organisasi pada guru-guru di SMP Muda Inovasi Kota Malang.

“Komitmen organisasi adalah aspek penting dalam diri seorang guru yang menentukan sejauhmana dia profesional dalam bekerja dan menampilkan performa terbaik bahkan inisiatif demi pengembangan lembaga yang menaunginya.” ujar Fath Mashuri.

Adapun pelatihan yang dilakukan oleh Fath dan rekannya menggunakan pengembangan hasil penelitian mereka mengenai konsep komitmen organisasi yang kontekstual dengan kondisi amal usaha Muhammadiyah (AUM). Mereka menemukan bahwa model pengembangan komitmen yang ada tidak mengindahkan religiusitas, padahal temuan mereka mengatakan sebaliknya.

“Justru dalam konteks AUM, religiusitas merupakan faktor paling penting yang memberi tenaga bagi guru-guru untuk tetap bekerja meskipun dengan berbagai tantangan yang luar biasa terjadi. Kita tahu bahwa menjadi guru di AUM adalah suatu pengabdian kepada pendidikan, sekaligus ibadah. Menjadi guru AUM bukan berarti bekerja.” Lanjut Fath, yang saat ini menjadi sebagai Sekprodi Psikologi UMM.

Sayangnya menurut Fath, belum banyak yang mampu menerjemahkan penemuan ini kepada model pengembangan komitmen. Hal ini kemudian ditangkap oleh SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Kota Malang yang ingin turut terlibat menguji coba langsung terobosan baru itu.

“Kami berharap pelatihan hari ini dapat menambah semangat, motivasi, atau ghirah dalam bekerja. Terutama menghadapi kondisi pandemi dan pasca pandemi yang penuh dengan ketidakpastian.”

Pasca pelatihan itu, akan diadakan agenda-agenda lanjutan bersama antara SMP Inovasi dengan Fakultas Psikologi UMM berupa penguatan capaian pelatihan dan juga tindak lanjut dalam penanganan aspek pengembangan lain yang bisa diupayakan di sekolah mitra.

(Penulis: Supriyanto,S.PdI,M.Pd)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!