Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

Islamic Parenting di SMP INOVASI

Minggu, 23 Januari 2022 di SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang mengundang Ust. Muhammad Masykur, SP. Si, M.Psi (Trainer Nasional, Direktur Psyco Care Clinic) sebagai pemateri dalam mengisi pengajian Islamic Parenting dengan tema Menjadi anak hebat dan berkarakter dengan Al-Quran dan Sunnah (Pendekatan Psikologi Islam). Acara yang dihadiri oleh seluruh wali murid SMP Inovasi ini menjadi kegiatan ke dua yang telah dilakukan setelah 2 bulan lalu. Insyaalah, kegiatan ini akan terus berjalan tiap bulannya dengan menggerakkan masing-masing Paguyupan kelas sebagai panitia intinya.

Bapak Supriyanto,S.PdI,M.Pd memberikan sambutan sebelum pengajian dimulai

Kegiatan kemaren berlangsung pukul 08.00 – 10.00 WIB dan bertempat di Masjid SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun, antusiasme pendatang juga lebih banyak dari bulan sebelumnya. Semoga terus istiqomah dalam menjalankan Ibadah baik bersama-sama.

Ustadz Masykur saat memberikan ceramah

Ustadz Masykur menjelaskan tentang pentingnya mendidik anak, Jenis orang tua yang kadang Otoriter ataupun terlalu membebaskan anak menjadi penilaian bersama untuk bisa memilah kapan sifat otoriter dan membebaskan anak diberikan. Bersikap otoriter terus menerus juga menimbukan dampak yang tidak baik bagi perkembangan anak, begitu pula sebaliknya saat kita terlalu baikpun juga tidak benar. Sehingga, sebagai orang tua yang baik kita harus bisa membedakan kapan sikap otoriter dan membebaskan anak dimunculkan.

Situasi didalam masjid saat pengajian dimulai

Kasus dipondok contohnya, Banyak dari orang tua yang sudah memondokkan anaknya dari usia dini, padahal mereka (orang tua) tidak menyadari bahwa kasih sayang yang diberikan masih minim dan masih kurang diterima oleh anak. Dampaknya apa? saat anak besar dia akan lebih sering meberontak kepada setiap tindakan yang diberikan oleh orang tuanya. Apa yang harus dilakukan? Penuhi kasih sayang terlebih dahulu, jangan mudah ikut-ikutan trend masa kini kalau memang anak tersebut belum siap untuk dilepas (pondokkan) . Jika dirasa anak tersebut masih sering memberontak kepada Orang tuanya, lakukan intropeksi diri. siapa tau sifat tersebut bisa muncul dari orang tuanya atau kakek neneknya “ujar Ustdaz Masykur

Salah satu orang tua bertanya terkait permasalahan anaknya

Ucapan penutup yang diberikan ustadz Masykur adalah lakukanlah pendekatan anak melalui sentuhan, seringlah bersedekah dan niatkan agar anak bersikap baik nantinya.

Apresiasi terhadap beberapa orang tua yang melakukan pertanyaan

Demikian sekilas ilmu yang diberikan oleh Ust. Muhammad Masykur, SP. Si, M.Psi semoga ilmu yang diberikan kemarin memberikan banyak perubahan terhadap pola asuh orang tua kepada anaknya. Aamin (Foto : Bunayah Paramastri,S.Pd / Penulis : Salilatul Badriyah, S.Psi)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!