Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

SMP INOVASI GOES TO BIPA UMM

Selasa, 18 Oktober 2022 menjadi pengalaman yang luar biasa untuk kelas Bahasa Inggris di SMP Inovasi. Seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9 jurusan Bahasa Inggris berkesempatan untuk berdialog interaktif dengan para pelajar dari berbagai negara yang tengah menempuh studi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka antusias untuk bertukar informasi tentang cultur di negara masing-masing.

Bapak Dr.Arif Budi Warianto,M.Si memberikan arahan kepada Siswa/i SMP Inovasi

Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) UMM yang di kepalai oleh Bapak Dr.Arif Budi Warianto,M.Si Memberikan kesempatan siswa/i untuk praktek langsung dengan beberapa foreigner (turis) yang sedang menempuh pendidikan di UMM. Antusias anak-anak sangatlah besar, mereka mencoba memahami, mengerti dan berbicara apa yang disampaikan oleh para pelajar internasional tersebut.

Beberapa siswa/i mendengarkan dan merespon informasi yang disampaikan dengan bahasa Inggris

Mr.Bachtiar, Mr.Hagi, Mr.Wahyu, Mr.Yudi serta Mrs.Astri selaku mentor dan Wali kelas untuk kelas bahasa inggris juga turut memberikan pendampingan dalam kegiatan tersebut, agar memotivasi siswa/i sehingga mereka berani spean up in english di forum internasional tersebut. Tanpa canggung, tiga siswi berani merespon narasumber dengan memberikan pertanyaan, tentu dengan bahasa inggris, siswa hebat itu antara lain: Alzena dan Izdihar, keduanya kelas 8 serta Dinda Ruli kelas 7.

Bapak Nuruddin Musyafa’,M.Pd wakil kepala SMP Inovasi sedang berdialog dengan salah satu mahasiswa dari Negara Arab

Kegiatan seperti ini sebenarnya sudah menjadi rutinitas di SMP Inovasi namun yang biasanya dengan skema Guest Teacher. Para native dari Australia atau negara lainnya didatangkan ke SMP Inovasi.
Namun untuk menghadirkan nuansa berbeda, anak-anak diajak outing ke  UPT BIPA di UMM. Tujuannya anak-anak akan lebih berani berbicara bahasa Internasional melalui beberapa kegiatan tersebut. Melalui kegiatan baik ini, semoga menjadi pemantik semangat anak-anak dan orangtua untuk studi ke luar negeri. Di sisi lain, hal ini bertujuan membangun framing positif, bahwa bahasa inggris bukan bahasa asing yang sulit dipelajari.

SMP Muhammadiyah INOVASI, Lead The World Start From Here!

( foto : Humas SMP Inovasi / Penulis : Salilatul Badriyah,S.Psi / editor : Supriyanto,S.PdI,M.Pd)

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!