Jumat, 24 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

BAHAYA PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN REMAJA

 

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa seiring dengan perubahan fisik biologis dan psikis untuk menuju pada kemantangan jasmani,berfikir seksual dan kemantangan emosional.pola emosi masa remaja adalah sama dengan pola emosi masa kanak-kanak,perbedaannya terletak pada rangsangan yang membangkitkan emosi dan derajat,dan khususnya pada pengendalian latihan individu terhadap ungkapan emosi mereka.misalnya perlakuan sebagai”anak kecil” atau secara tidak adil membuat remaja sangat marah dibandingkan dengan hal-hal lain.

Diera keterbukaan informasi seperti sekarang ini,masa remaja rentan terhadap pergaulan bebas yang merupakan fenomena yang tidak asing lagi pergaulan bebas dapat didefinisikan sebagai melencengnya pergaulan seseorang dari pergaulan yang benar, pergaulan bebas di identikan sebagai bentuk dan pergaulan luar batas dan sering dihubungkan dengan perilaku seks bebas.

Bahaya seks bebas pada remaja bukan hanya soal infeksi human immunodeficiency virus ( HIV ). Ada pula masalah lainnya yang perlu dikawatirkan seperti kanker, kehamilan yang tidak diinginkan, hingga gangguan kesehatan mental. Seks bebas pada remaja merupakan masalah sosial yang sudah sangat mengglobal. Sebab hal tersebut banyak terjadi di kalangan remaja di negara maupun termasuk di Indonesia.

Di zaman yang semakin berkembang dan modern ini, semakin beragam pula tingkah laku serta masalah yang ada di lingkungan sosial kita terutama remaja.perkembangan tidak selalu membawa hal positif,ada pula hal negatif  yang dapat menyeret remaja dalam pergaulan bebas. pergaulan bebas ini bisa membawa dampak buruk bagi pertumbuhan anak remaja bahkan dapat memberikan dampak buruk bagi orang lain. Beberapa kasus dampak yang buruk bagi pergaulan bebas pada remaja.

  1. Kerusakan moral anak

Pergaulan bebas adalah salah satu penyebab dari rusaknya moral anak bangsa mereka akan merasa bebas tanpa dipertahankan oleh para orang tua sehingga mereka kehilangan akhlak baik yang seharusnya dimiliki berbagai hal negatif bisa mereka lakukan untuk memenuhi rasa bahagianya pergaulan bebas akan menyebabkan anak kehilangan sikap sopan dan juga hanya mengikuti zaman.

  1. Penggunaan narkotika dan minuman keras.

Seperti yang sudah banyak diberitakan para remaja saat ini banyak yang terciduk sedang berpesta minuman keras ataupun obat terlarang bahkan tidak hanya remaja anak-anak yang masih usia dini juga sudah menghisap rokok. Obat-obatan terlarang saat ini mudah ditemukan jika seseorang sudah masuk ke dalam zona pergaulan. Hal ini disebabkan minuman keras dan juga narkotika dijual dengan bebas di mana saja.

                Tujuan dalam tulisan atau opini ini  agar remaja-remaja masa kini terarah pergaulannya yaitu dengan melakukan kegiatan yang positif yang berguna untuk dirinya sendiri keluarga dan masyarakat sekitar. Dan supaya agar remaja tidak terjebak di dalam pergaulan bebas maka dari itu perlu kiranya remaja membentengi diri dengan iman yang kuat.    

Pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja tersebut bisa dikurangi dengan melalui perantara utama yaitu para orang tua.orang tua harus memberikan edukasi dan juga pengawasan yang cukup kepada anak-anaknya.  Perlu kiranya remaja melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang positif baik di sekolah maupun di lingkungannya yang tentunya harus mendapatkan dorongan dan restu dari orang tua. (Kontributor: Keisya Hafshah Arzahra 8C, Zivanna Nayla 8D, Faiza Humaira Azzahra 7C, Levi Dika Maulana 7D, Ashrafi Ramadhan Herdianto 7D, Pembimbing: Saiful Rahman, S.Pd, M.Pd)

 

Post Terkait

1 Komentar

Mama Quan, Rabu, 18 Okt 2023

Masa remaja memerlukan sinergi antara anak, orang tua, guru dan lingkungan yang saling memberikan input yang positif dan membangun sesuai dengan perkembangan zaman.

Balas

KELUAR
error: Maaf !!