Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

Leadership Camp 2024 IPM dan HW SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang

Foto bersama Kepala SMP Inovasi

Foto bersama Kepala SMP Inovasi

Malang, 26-27 Januari 2024, IPM dan HW SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang melakukan Leadership Camp 2024. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemantapan kepada siswa-siswi untuk menjadi leader atau pemimpin dimasa depan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari satu malam. Kegiatan ini tidak hanya mengenai IPM dan HW saja namun, juga mengenai “Kepribadian Pelajar Muhammadiyah”, materi ini berisikan mengenai bagaimana menjadi pelajar Muhammadiyah yang berakhlak dan menjadi kader tidak hanya bagi lingkungan Muhammadiyah namun juga menjadi kader untuk Nusa dan Bangsa. Materi mengenai kepribadian pelajaran Muhammadiyah juga mengajak siswa-siswi untuk aktif berorganisasi didalam Muhammadiyah seperti di IPM dan HW.

Pemberian materi tentang leadership

Pemberian materi tentang leadership

Materi selanjutnya dibagi menjadi dua, sesuai dengan keorganisasian mereka masing-masing, yaitu IPM dan HW. Untuk siswa-siswi IPM diberikan materi mengenai “Ke-IPM-an” sedangkan HW bermaterikan “Kepanduan”. Ke-IPM-an bersisikan materi organisasi IPM, janji pelajar Muhammadiyah yang terbaru, apa saja yang harus dilakukan oleh kader-kader IPM, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk HW, berisikan materi mengenai organisasi HW mulai dari Sejarah organisasi, makna lambang dan bendera HW, dan lain sebagainya. Materi ketiga mengenai “Leadership dan Keorganisasian”, pada materi ini siswa-siswi diajarkan bagaimana menjadi leader yang baik untuk diri sendiri dan untuk organiasai. Siswa-siswi diberikan materi sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pempimpin, diantara lain ialah ideologi, humanis, dan intelektualis. Pada materi selanjutnya mengenai teknik mendesign game indoor ataupun outdoor. Materi ini diberikan agar siswa-siswi sebagai kader IPM dan HW serta calon-calon pemimpin dimasa depan dapat menjadi trainer-trainer hebat guna menciptakan calon-calon pemimpin sukses dimasa depan. Kegiatan mendesain ini, siswa-siswi diajarkan bagaimana menciptakan permainan yang dapat membangun kepemimpinan, kebersamaan, kekompakan, keberanian serta menciptakan komunikasi yang baik diantara para peserta.

Siswa siswi membuat makanan sendiri

Siswa siswi membuat makanan sendiri

Siswa-siswi yang mengikuti diklat leadership tidak hanya diberikan materi-materi saja namun juga melihat film motivasi, sehingga rasa leadership mereka lebih dapat tertanam dengan baik karena melihat contoh secara langsung melalui film. Guna menciptakan kebersamaan antara IPM dan HW, mereka juga melakukan malam keakraban agar dapat sharing bersama mengenai kegiatan materi selama satu hari dan merefleksikan diri mengenai materi yang telah diberikan. Keesokan harinya siswa-siswi melakukan olahraga pagi bersama, agar kebugaran badan tetap terjaga. Setelah sarapan, siswa-siswi melakukan pelatihan baris-berbaris atau yang dikenal sebagai PBB dan pelatihan periksa kerapihan. Kedua hal ini merupakan pelatihan untuk meningkatkan konsentrasi, menumbuhkan rasa disiplin, menumbuhkan rasa kebersamaan, dan solidaritas. Pelatihan PBB dan periksa kerapihan juga merupakan hal yang baik untuk jasmani, karena siswa-siswi diajarkan untuk memiliki postur tubuh yang tegak

Pelatihan PBB

Pelatihan PBB

Pada kegiatan leadership ini tidak hanya mengenai dunia organisasi dan kepemimpinan namun siswa-siswi diberikan tugas lain yang wajib mereka lakukan. Tugas tersebut adalah menghafalkan 10 Ayat pertama surat Al-Kahfi dan 2 Ayat terakhir surat Al-Baqarah ayat 285 dan 286. Hal ini dilakukan karena kedua surat tersebut merupakan surat yang dianjurkan untuk dihafalkan. Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, dalam Hadist Riwayat Muslim No 809, “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindung dari Dajjal”. Sedangkan keutamaan membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah dalam hadits dari Abu Mas’ud Al-Badri radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan”, dalam Hadist Riwayat Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808. Sebagai sekolah islam SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang juga memiliki kewajiban untuk meningkatkan keislaman dan ketaqwaan pada siswa-siswi tidak hanya mengenai dunia saja, sehingga menghafalkan surat atau hadist merupakan salah satu upaya SMP Inovasi dalam meningkatkan keislaman dan ketaqwaan siswa-siswi karena leadership juga membutuhkan kepemimpinan secara Islami.(HUMAS SMP INOVASI)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR
error: Maaf !!