Kamis, 23 Mei 2024
  • Assalamualaikum, wr. wb. Selamat datang di Website RESMI SMP Muda Inovasi Kota Malang

Cara mengganti password GTK/PTK di dapodik 2022 Lewat SP datadik

Cara mengganti password GTK/PTK di dapodik 2022 Lewat SP datadik

Assalamualaikum, wr.wb…

Sahabat operator sekolah juga GTK dimanapun anda berada. Saat ini sedang heboh kasus tidak bisa login ke info gtk dikarenakan password tidak memenuhi syarat. Memang benar kewajiban untuk melakukan perubahan password sesuai standar dapodik ini telah dimulai pada versi 2021 yang lalu. Namun ternyata masih banyak gtk yang belum melakukannya sehingga dampaknya baru terasa sekarang Tahun 2022. Jika sudah demikian siapakah yang disalahkan? Wallahu’alam, guru-id pada kesempatan ini tidak membahas benar salah, namun akan memberikan langkah-langkah mengganti password akun personal gtk di dapodik versi 2022 d.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perubahan password untuk akun personal gtk harus melalui portal manajemen sekolah bukan lewat menu penugasan pada aplikasi dapodik lagi. Jadi disini teman-teman guru yang ingin mengubah passwordnya sesuai Standar Dapodik wajib meminta bantuan operator sekolahnya.

Cara ubah password Gtk di sp datadik kemdikbud

1. Silahkan kunjungi web manajemen sekolah lewat link berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, pada laman utama klik tombol “login menggunakan SSO“.

2. Pada laman login, silahkan gunakan alamat email dan password dapodik untuk masuk ke portal. Klik tombol login.

3. Pada beranda klik menu “akun“, pada jenis akun pastikan sudah terpilih PTK, lalu klik tombol tampilkan.

4. Pilih GTK yang akan diubah passwordnya caranya klik ikon pensil di paling kanan. masukkan password yang baru dan harus memenuhi syarat berikut.

a. Harus mengandung minimal satu angka [0..9]!

b. Harus mengandung minimal satu huruf besar [A..Z]!

c. Harus mengandung minimal satu karakter khusus! contoh karakternya % # @ $ * ( ^

5. Selanjutnya klik tombol update jika telah meLakukan perbaikan password seperti penampakkan gambar dibawah !

6. Setelah melakukan perubahan password silahkan lakukan tarik data pada dapodik lokal. Bisa juga dengan sinkronisasi pada aplikasi dapodik lokal. Tunggu 2×24 jam coba login kembali ke portal info gtk. Semoga berhasil.

KELUAR
error: Maaf !!