SEKILAS INFO
: - Kamis, 03-12-2020
  • 6 bulan yang lalu / Assalamualaikum, Selamat Datang di Website Resmi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Hati-hati penipuan, info dan berita, hanya ada di website resmi ini.
  • 7 bulan yang lalu / Informasi PTS Ganjil 2020 secara ONLINE akan diumumkan secara resmi pada tanggal 20 September 2020 di alamat website: cbt.smpmuh2malang.sch.id
  • 8 bulan yang lalu / SMP Muhammadiyah 2 Malang, siap memutuskan rantai penyebaran COVID-19 di area sekolah
Kembangkan Kemampuan Siswa Lewat Prima

MALANG – SMP Muhammadiyah 2 Malang (M2M) mencanangkan program inovasi Muhammadiyah 2 atau Prima. Yakni sekolah yang mengembangkan kemampuan dasar siswa dalam bidang akademik dan non akademik.
“Pengembangannya dilakukan melalui berbagai program pembelajaran dengan senantiasa memberikan perubahan. Diharapkan siswa akan mendapatkan manfaat lebih,” ungkap Kepala SMP M2M, Drs H Mardjono M.Si kepada Malang Post.
Program inovasi yang saat ini sedang dikembangkan adalah program pendidikan full day school pengajaran dimulai pukul 06.30 – 15.30 WIB, program bimbingan mental spiritual siswa inovasi dilaksanakan setiap hari pukul 06.30 – 08.00 WIB, program bimbingan bakat dan prestasi siswa inovasi dilaksanakan setiap hari pukul 14.00 – 15.00 WIB, salat berjamaah disekolah meliputi duha, duhur, ashar dan salat Jum’at, dan program Pendidikan Inklusif yaitu program pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus.
Lebih jauh pengasuh Panti Asuhan KH Mas Mansyur ini menuturkan, program pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus merupakan satu-satunya yang ada di sekolah Muhammadiyah Tingkat SMP. Program ini dibuka bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Saat ini jumlah anak berkebutuhan khusus berjumlah 6 siswa dalam setiap kelasnya terdapat 3 siswa berkebutuhan khusus. Dengan jumlah Guru pembimbing khusus (GPK) berjumlah 3 orang, yang terbagi 2 GPK kelas dan 1 GPK luar kelas. Adapun model pembelajaran pada kelas inklusif adalah pembelajaran kooperatif dan kolaborasi sejawat.
Kurikulum Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang memberikan layanan berdasarkan dari identifikasi dan asesmen masing-masing anak berkebutuhan khusus. Serta dikembangkan sebagai alternatif program pelayanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pada model kurikulum umum atau reguler, peserta didik berkebutuhan khusus mengikuti kurikulum umum, sama dengan siswa reguler.
Model kurikulum umum dengan modifikasi diberikan kepada anak berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum perpaduan antara kurikulum umum dengan kurikulum PPI dengan cara memodifikasi kurikulum umum disesuaikan dengan potensi dan karakteristik ABK. Kurikulum yang diindividualisasikan diberikan kepada anak berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum dengan format program pendidikan individual (PPI).
Model kurikulum PPI ini dipersiapkan untuk ABK yang tidak dapat mengikuti kurikulum umum maupun kurikulum modifikasi. Standar kompetensi dalam kurikulum PPI dirumuskan berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh guru pendidikan khusus bersama tim ahli terkait.
Selain itu SMP Muhammadiyah 2 Malang memiliki Program Pilihan berupa paket ketrampilan atau life skill dan Terapi antara lain bimbingan dan pengembangan meliputi keterampilan memasak, menjahit, etika, dan tata karma. Sedangkan Terapi yang diberikan yakni terapi bina diri, terapi perilaku, dan lainnya.
Program unggulan lainnya adalah pembelajaran berbasis informasi dan teknologi one class one LCD Proyektor, dan program Arabic and English every day at school. (oci/eno)

Sumber: http://www.umm.ac.id/en/arsip-koran/malang-post/kembangkan-kemampuan-siswa-lewat-prima.html

TINGGALKAN KOMENTAR

Arsip berita

Kalender

Desember 2012
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Maps Sekolah

Mau ngapain? :)